Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Relawan Demokrasi tak henti-hentinya melakukan edukasi pemilu kepada masyarakat sebagai kepanjangan tangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

Pada Rabu (13/2) malam, Relawan Demokrasi Basis Perempuan (Baper) meneruskan sosialisasi ke Desa Kutorenon Dusun Biting Kecamatan Sukodono.

Kedatangan mereka disambut hangat oleh 50 orang yang terdiri dari ibu-ibu Muslimat Desa setempat.

Dalam aksinya, Relawan Demokrasi ini memberikan pemahaman tentang beberapa poin penting Pemilu yang meliputi daftar pemilih, daerah pemilihan, jumlah parpol, caleg, capres, serta jenis dan warna surat suara.

Seperti yang disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Lumajang, Muhamad Ridhol Mujib, bahwa semangat relawan untuk mengenalkan Pemilu kali ini tak kenal lelah. Dengan penuh kesabaran mereka membeberkan pemilihan serentak 2019 yang meliputi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Sehingga, masyarakat akan diberikan 5 jenis surat suara dengan warna berbeda, termasuk warna surat suaranya.

“Warna abu-abu untuk surat suara Presiden dan Wakil Presiden, warna kuning untuk DPR RI, warna merah untuk DPD, warna biru untuk DPRD Propinsi, dan hijau untuk DPRD Kabupaten.” ujar Ridho Anggota KPU Lumajang yang membidangi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM ini.

Selain poin-poin tersebut, Relawan Demokrasi Basis Perempuan juga memberikan contoh tata cara pencoblosan yang benar dan sah. Semua jam’ah pun memperhatikan dengan seksama semua yang dipraktikkan oleh relawan.

“Termasuk mencontohkan ibu-ibu tersebut tentang bagaimana cara melipat surat suara yang benar. Sebab ada diantara jama’ah yang bertanya cara melipatnya” imbuhnya.

Tak lupa, sebelum mengakhiri acaranya Relawan Demokrasi mengajak ibu-ibu Muslimat agar beramai-ramai untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya 17 April 2019. (hes)