Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Relawan Demokrasi Basis Keagamaan disambut hangat oleh ibu-ibu anggota pengajian muslimat Al-Hikmah Dusun Kotokan Desa Jatiroto Kecamatan Jatiroto pada Sabtu (16/2)

Kedatangan Relawan Demokrasi Basis Keagamaan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait Pemilu 2019.

Sebanyak 75 orang hadir dalam acara sosialisasi tersebut. Ibu-ibu tampak antusias dan senang ketika tahu maksud tujuan para Relawan Demokrasi untuk memberikan pemahaman tentang pesta demokrasi yang digelar pada 17 April mendatang. Ditambah lagi, para relawan ini menyampaikan materi menggunakan bahasa yang akrab di telinga ibu-ibu jama’ah.

Secara gamblang, Relawan Demokrasi yang merupakan kepanjangan tangan KPU Lumajang menyampaikan materi Pemilu. Seperti waktu pemungutan suara, cara memeriksa apakah sudah terdaftar pada DPT, cara pindah memilih, tata cara memilih, dan deskripsi contoh surat suara yang sah dan tidak sah.

“Mereka mengajak ibu-ibu untuk tidak golput dan menggunakan hak suara dengan bijak, dengan bahasa yang santun dan mudah mereka terima,”  ujar Muhamad Ridhol Mujib Komisioner KPU Kabupaten Lumajang yang membidangi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM.

Ibu-ibu pengajian semakin antusias ketika Relawan Demokrasi memberikan tata cara melipat surat suara yang berukuran lebar. Beberapa di antaranya ada yang mengajukan diri untuk belajar membuka dan melipat surat suara dengan benar. Seperti yang diutarakan Hj. Ririk, salah satu peserta sosialisasi menanggapi positif kegiatan sosialisasi ini. “Saya malah berharap agar sosialisasi seperti ini kembali diadakan ketika mendekati hari pemungutan suara.” pintanya. (hes)