Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Anggota Pengajian Pemuda Muhammadiyah Dusun Rowoasih Desa Rowokangkung menyambut hangat kedatangan Relawan Demokrasi Basis Keagamaan pada Sabtu (23/2).

Kunjungan Relawan Demokrasi yang merupakan kepanjangan tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang itu bertujuan untuk menyampaikan sosialisasi tentang Pemilu.

Sebanyak 25 anggota pemuda Muhammadiyah Rowokangkung tampak antusias ketika rombongan Relawan Demokrasi Basis Keagamaan mengawali sosialisasi dengan perkenalan diri.

“Mereka menyimak setiap penjelasan materi Pemilu yang diberikan. Materi Pemilu yang disampaikan Relawan Demokrasi meliputi waktu pemungutan suara, cara memeriksa apakah sudah terdaftar pada DPT, cara pindah memilih, tata cara memilih, dan deskripsi contoh surat suara yang sah dan tidak sah.” Tutur Muhamad Ridhol Mujib, Komisioner KPU Kabupaten Lumajang.

Relawan Demokrasi juga mengajak para pemuda ini untuk tidak golput dan menggunakan hak pilihnya dengan bijak.

Untuk mencairkan suasana, Relawan Demokrasi mengadakan kuis tentang Pemilu. Bagi peserta yang bisa menjawab disediakan berbagai doorprize yang akan dibagikan kepada peserta.

Antusias pemuda terlihat saat Nur Aulia Basmalah selaku Ketua Pemuda Muhammadiyah Rowokangkung menanggapi positif kegiatan sosialisasi ini.

Menurutnya, tanpa sosialisasi, anggota Pemuda Muhammadiyah Rowokangkung semakin minim pengetahuan tentang Pemilu khususnya pemilu serentak tahun 2019 ini. “Kami apresiasi langkah KPU dengan membentuk relawan demokrasi sehingga sosialisasi pemilu bisa sampai kepada kelompok masyarakat paling bawah.” Ungkapnya. (hes)