Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id-Dalam menghadapi Pemilu 2019 yang akan berlangsung pada bulan April depan, wilayah Lumajang bagian selatan menjadi sasaran lanjutan oleh KPU Lumajang. Melalui relawan demokrasi yang berada dibawah naungan langsung KPU melaksanakan gerilya sosialisasi lanjutan dalam rangka suksesi pemilu.

Adalah sekumpulan jamaah yasinan rutinan yang disasar oleh Relawan Demokrasi Basis Keagamaan dalam safarinya kali ini. Jamaah yasinan yang berada di Desa Mojosari, Kecamatan Sumbersuko, Lumajang, berkesempatan mendapatkan informasi dan arahan langsung tentang jenis-jenis pemilu oleh para relawan demokrasi.

“Fokus relawan demokrasi yang berbasis keagamaan menetapkan tujuan sosialisasi pendidikan pemilih di wilayah Lumajang bagian selatan,” kata salah satu pimpinan KPU Kabupaten Lumajang Muhamad Ridhol Mujib, Minggu (3/02/3019).

Pria yang menjabat sebagai Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM di KPU ini menyampaikan apresiasinya kepada para jamaah yasinan rutinan. Antusiasme jamaah yasinan terhadap sosialisasi yang dilakukuan oleh para relawan demokrasi rupanya selaras dengan semangat yang diemban dalam menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Beragam pertanyaan langsung terlihat usai para relawan demokrasi memberikan pemaparan, pengarahan dan pemahaman mengenai pemilu. Sesi tanya jawab pun digelar. Tidak hanya para kaum ibu, namun para pria anggota yasinan rutinan juga seringkali mengajukan sejumlah pertanyaan seputar pemilu.

“Bukti tingginya antusias jamaah yasinan rutinan dan respon positif yang diberikan kepada para relawan demokrasi terlihat ketika menggelar sosialisasi. Keseriusan para jamaah dalam mendengarkan sosialisasi saat para relawan menyampaikan pemaparan menjadi satu hal yang sangat positif terhadap proses jelang pemilu yang tak lama lagi,” terang Ridhol Mujib.

Bersama para jamaah yasinan yang ada di Desa Mojosari, Sumbersuko, Ridhol Mujib optimistis untuk Pemilu 2019 ini berjalan sukses. Lebih besar lagi dirinya berkeyakinan bahwa masyarakat Lumajang semakin nyata memiliki kepedulian dan kesadaran untuk menggunakan hak pilihnya.

Hal ini sangatlah tepat karena didasari oleh hangatnya sambutan yang diberikan tidak hanya jamaah yasinan rutinan, namun juga warga sekitar yang turut hadir dalam kegiatan sosialisasi pemilu. Berbagai hal seperti jenis-jenis pemilu juga diutarakan oleh relawan demokrasi dihadapan para jamaah yasinan.

“Saat sosialisasi kita juga menekankan pentingnya mengetahui dan memahami jenis-jenis pemilu beserta warna surat suara yang nantikan akan dicoblos. Karena pemilu tahun ini masyarakat harus memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Dan warna surat suaranya pun juga berbeda,” urainya. (Jav)