Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Sosialisasi pendidikan pemilih yang dilakukan oleh para relawan demokrasi rupanya tidak hanya menyasar di lingkungan komunitas atau kelompok. Kali ini tempat wisata pemandian Sumbermrutu yang berada di Desa Pandansari, Kecamatan Kedungjajang, menjadi bidikan Relawan Demokrasi Basis Keluarga.

Tepatnya pada Minggu (10/02) pagi menjelang siang tadi relawan demokrasi menggelar serangkaian acara sosialisasi. Mereka dengan gamblang menjelaskan kepada para pengunjung wisata mengenai pentingnya peran saat pemilu. Beragamnya jenis pemilu di tahun 2019 ini menjadi pembahasan prioritas yang disampaikan oleh para relawan.

Selanjutnya bagaimana mekanisme cara mencoblos dengan benar saat pemilu nanti juga tak luput dari penyampaian yang diberikan. Warna kertas surat suara pun juga turut disertakan saat pemaparan berlangsung di dalam areal pemandian.

Qomariyah (38) pengunjung yang berkesempatan mendapatkan sosialisasi secara langsung oleh Relawan Demokrasi Basis Keluarga merasa tidak menduga liburannya akhir pekan ini kedatangan personil kepanjangan tangan KPU Kabupaten Lumajang ini. Namun demikian dirinya mengaku sangat terbantu dan tercerahkan oleh pemaparan pemilu yang diberikan para relawan demokrasi. Dirinya bersama keluarga lain yang saat itu berada di lokasi pemandian akan turut andil memberikan sumbangsihnya agar pemilu di Lumajang terselenggara sukses dan minim golput.

“Kami sekeluarga dan tentunya saudara-saudara lain yang berada di sini turut menyukseskan pemilu tahun ini. Setidaknya dari pihak keluarga kami pastinya datang ke TPS dan kemudian mencoblos,” kata Susiana dihadapan media KPU Lumajang yang saat itu mewancarai dirinya di dalam areal pemandian Sumbermrutu, Desa Pandansari, Kedungjajang, Minggu (10/02).

Sementara salah satu Komisioner KPU Lumajang Muhamad Ridhol Mujib yang menjabat sebagai Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM mengatakan bahwa hal serupa tentang pendalaman pemberian informasi mengenai pemilu melalui sosialisasi yang dilakukan para relawan demokrasi akan terus digencarkan agar masyarakat Lumajang pada pemilu 17 April 2019 mendatang memberikan hak pilihnya dengan berbondong-bondong datang ke TPS terdaftar.

“Ini tentunya terus kita lakukan agar masyarakat guyub datang ke TPS untuk mencoblos. Bersama keluarga, teman, kerabat hingga kelompok diharapkan setelah ini akan semakin menyebar informasi yang sudah kita sampaikan. Karena masyarakat pilar penting dalam mengawal dan menyukseskan pesta demokrasi 5 tahunan ini,” kata Ridhol Mujib saat memberikan keterangan di kantor KPU Lumajang. (jav)