Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Hari ini, Minggu (24/2) pagi, Relawan Demokrasi Basis Keluarga berkunjung ke Desa Nogosari Kecamatan Rowokangkung. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi Pemilu kepada warga sekitar.

Sosialisasi berjalan dengan hangat dan lancar. Relawan Demokrasi menjelaskan materi Pemilu yang meliputi jenis dan warna surat suara, tata cara melipat surat suara, dan cara pindah milih beda dapil.

“Untuk memastikan pemahaman warga, Relawan Demokrasi juga melakukan simulasi pencoblosan surat suara hingga memasukkan surat suara kepada kotak suara.” Tutur Muhamad Ridhol Mujib, Anggota KPU Kabupaten Lumajang.

Tim sosialisasi yang merupakan kepanjangan tangan dari KPU ini juga menekankan agar masyarakat menolak politik uang (money politik).

Warga Desa Nogosari sangat antusias dengan adanya sosialisasi relawan demokrasi. Karena masyaratkat Nogosari bisa mengerti tentang adanya pemilihan serentak dan tata cara mencoblos dengan baik dan benar.

Seperti yang disampaikan Mbah Musrit, Kakek 70 tahun ini sangat antusias mengikuti sosialisasi yang dilakukan Relawan Demokrasi. Bahkan ia bersedia melakukan simulasi melipat surat suara.

“Nah kalau di coba begini akhirnya saya bisa melipat surat suaranya.” Kata Musrit yang kental logat bahasa maduranya.

Karena semangat Mbah Musrit tersebut, akhirnya Relawan Demokrasi memberikan doorprize kepadanya. (hes)