Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Sosialisasi Pemilu Basis Keluarga kembali dilakukan oleh Relawan Demokrasi pada Jumat (8/3).

Kali ini sosialisasi dilakukan kepada warga Desa Papringan Kecamatan Klakah.

Sosialisasi yang diikuti oleh 35 warga ini bersifat budgeter atau menggunakan anggaran fasilitas dari KPU.

“Dengan penuh semangat, Relawan Demokrasi menjelaskan materi Pemilu yang meliputi status DPT, pentingnya demokrasi partisipasi pemilu, pengenalan warna surat suara, cara mencoblos dengan benar, cara melipat, dan pindah pilih.” Ujar Muhamad Ridhol Mujib Komisioner KPU Kabupaten Lumajang.

Seorang peserta bernama Sri Wahyuni merasa kegiatan sosialisasi ini sangat diperlukan karena Pemilu 2019 berbeda dengan Pemilu sebelumnya.

“Dengan adanya kegiatan ini, warga jadi tahu perbedaan Pemilu tahun 2014 dengan Pemilu tahun ini. Yaitu surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, dan kabupaten/kota tidak ada gambar calonnya,” papar Sri Wahyuni.

Tak cukup puas di satu tempat, Relawan Demokrasi melanjutkan sosialisasi ke tempat wisata Ranu Klakah. Sasaran sosialisasinya adalah pengunjung di daerah Ranu Klakah.

Relawan Demokrasi mengaku banyak pengunjung yang masih tidak mengetahui kapan Pemilu diselenggarakan serta 5 jenis surat suara.

Meski tanpa menggunakan anggaran dana, Relawan Demokrasi tetap semangat memberikan sosialisasi pendidikan pemilih Pemilu kepada warga sekitar.

“Apresiasi buat relawan yang bisa melakukan sosialisasi di dua tempat terlampau.” Pungkas Ridho. (hes)