Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang melanjutkan sosialisasi Pemilu 2019.

Pada Kamis (7/3), KPU Lumajang melalui tangan Relawan Demokrasi Basis Keluarga melakukan sosialisasi di daerah perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Jember, tepatnya di Desa Kalipenggung Dusun Timur Curah Kecamatan Randuagung.

Seperti sosialisasi biasanya, Relawan Demokrasi menjelaskan materi Pemilu yang meliputi warna dan jenis surat suara, jenis pemilih, cara pindah pilih, tata cara pencoblosan, dan tata cara melipat surat suara.

“KPU sudah memfasilitasi anggaran sosialisasi ini. Jadi tugas Relawan Demokrasi untuk menyampaikan pesan-pesan pemilu kepada pemiluh.” Kata Muhamad Ridhol Mujib Komisioner KPU Kabupaten Lumajang.

Bahkan untuk menarik antusias warga relawan juga menyediakan doorprize untuk dibagikan kepada peserta yang aktif bertanya maupun menjawab.

Warga desa Kali Panggung merasa bersyukur atas terselenggaranya sosialisasi ini.

“Sebelum sosialisasi, kami tidak tahu ada surat pindah pilih. Kalau dulu, banyak santri yang dipulangkan waktu pemilihan serentak. Setelah tahu ada surat pindah pilih, kami bisa mengurus surat pindah milih untuk santri santriwati,” kata K.H Abdul Goni selaku pengurus salah satu pondok pesantren di Kalipenggung. (hes)