Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Para Relawan Demokrasi Pemilu 2019 dengan basis keluarga (B-Kel) telah memulai aksi sosialisasi mereka pada Senin (28/1).

Aksi Relawan Demokrasi B-Kel dimulai dengan memberikan sosialisasi kepada sejumlah warga yang merupakan para tetangga kanan-kiri mereka. Aksi sosialisasi ini merek sebut dengan cara bisik-bisik tetangga.

Dalam sosialisasinya, para Relawan Demokrasi mengenalkan kepada warga mengenai kapan tanggal pemungutan suara dan bagaimana cara melakukan pencoblosan terhadap 5 jenis surat suara.

“Selain mensosialisasikan tanggal pemungutan suara, Relawan Demokrsi basis keluarga ini juga mengenalkan jenis surat suara. Di antaranya, kalau surat suara Presiden Wakil Presiden warnanya abu-abu, kemudian DPR RI itu warna kuning, DPD itu warna merah, DPRD Propinsi warna biru, dan DPRD Kabupaten warnanya hijau,” jelas Muhamad Ridhol Mujib selaku Komisioner Komisi Pemilikan Umum (KPU) Lumajang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

Sosialisasi ini dilakukan secara informal agar warga mengetahui sejak dini, sebelum para Relawan Demokrasi bergerak ke kelompok keluarga lebih besar lagi. 

Melalui Ridho, KPU Lumajang berharap sosialisasi Pemilu 2019 ini berjalan tidak hanya secara formal tapi juga melalui sosialisasi informal atau jagongan. (hes)