Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang melalui Relawan Demokrasi terus melakukan sosialisasi Pemilu 2019 kepada seluruh masyarakat.

Pada Selasa (12/2), giliran Relawan Demokrasi Basis Pemilih Muda melakukan sosialisasi lanjutan dengan mengunjungi Desa Sukosari, Dusun Karangpanas, Kecamatan Kunir.

Sosialisasi ini diikuti oleh 26 peserta yang merupakan pemuda Ikatan Seni Hadrah Republik Indonesia (ISHARI).

Dengan penuh semangat, Relawan Demokrasi memberikan pemahaman mengenai Pemilu 2019.

“Materi sosialisasi yang diberikan Relawan Demokrasi antara lain penjelasan Demokrasi, Partisipasi, dan Pelaksanaan Pemilu. Selain itu juga memberikan penjelasan tentang pembagian dapil, jenis surat suara, dan cara pemberian suara dalam Pemilu 2019,” kata Muhamad Ridhol Mujib Komisioner KPU Kabupaten Lumajang yang membidangi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM di ruang kerjanya usai melihat progress report para relawan.

Untuk membangkitkan antusiasme peserta, lanjutnya Relawan Demokrasi telah menyiapkan door prise untuk peserta sosialisasi yang aktif bertanya. “Ini yang menarik agar peserta lebih antusias relawan memberikan sejumlah door prise sebagai bentuk penghargaan bagi mereka yang aktif” imbuhnya.

Di akhir sosialisasi, Relawan Demokrasi tak lupa mengingatkan peserta untuk berpartisipasi dan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

Mereka mengajak peserta sosialisasi untuk mengenali visi, misi, dan rekam jejak calon yang akan dipilihnya. (hes)