Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Sosialisasi Pemilu 2019 terus gencar dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Kali ini, Senin (11/2), kegiatan sosialisasi lanjutan dilakukan oleh Relawan Demokrasi Basis Pemilih Pemula di SMA Negeri Kunir.

Sosialisasi yang dilakukan Relawan Demokrasi ini berhasil membangkitkan antusiasme 40 peserta terhadap Pemilu 2019.

Sebagian besar peserta yang ikut dalam sosialisasi ini merupakan pemilih pemula. Oleh sebab itu, diperlukan keseriusan dan kehati-hatian dalam memberikan pemahaman mengenai urgensitas pemilu. Keterlibatan mereka secara aktif tentu menjadi perhatian serius bagi relawan demokrasi yang merupakan kepanjangan tangan KPU ini.

Bilal Rohmatu Wildan, salah satu siswa kelas XII Mipa-3 mengaku bahwa ia baru pertama kali akan mencoblos pada Pemilu mendatang bersama 28 pelajar lainnya.

“Saya merasa senang mendapat sosialisasi Pemilu ini. Sekarang saya sudah paham jenis pemilu dan warna surat suaranya,” ujar Bilal.

Sementara Komisioner KPU Kabupaten Lumajang Muhamad Ridhol Mujib berharap dengan adanya sosialiasi ini, para siswa ini juga dapat memberikan informasi Pemilu kepada keluarga maupun kerabat dekatnya. Sehingga Informasi kepemiluan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dengan bantuan pelajar (pemilih pemula) yang telah mendapatkan pendidikan pemilih dari relawan KPU.

“Sosialisasi dan pendidikan pemilih ini sangat berharga dan bisa membantu masyarakat untuk mengenal pemilu. Untuk itu perlu menyebarluaskan informasi ini kepada keluarga dekat atau tetangganya karena bagi pelajar lebih mudah dan lebih memahami. dan kita berharap mereka bisa menularkannya” ungkapnya.

Usai melakukan sosialisai di SMAN Kunir Relawan Demokrasi terus bergerak melakukan kegiatan yang sama di MA Wahid Hasyim Kunir. (hes)