Dalam rangka suksesi Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang kian giat melakukan langkah-langkah strategis guna pemantapan proses menuju digelarnya pesta demokrasi 17 April 2019 mendatang.

KPU melalui Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi dan SDM, kembali akan mengundang 55 Relawan Demokrasi di Kantor KPU Lumajang, Senin (28/1) mendatang untuk mengetahui progres pemetaan basis Pemilih sasarannya.

Para relawan demokrasi ini diharapkan mampu melakukan analisa, pemetaan basis pemilih guna terselenggaranya Pemilu 2019 yang berkualitas di Kabupaten Lumajang.

“Dalam koordinasi ini nanti diharapkan 55 Relawan Demokrasi mampu lebih detail melakukan pemetaan di setiap basis. Sehingga pemilu dapat tersosialisasi menyeluruh di wilayah Kabupaten Lumajang,” terang Muhamad Ridhol Mujib Komisioner KPU Lumajang selaku Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, di Kantor KPU Lumajang, Sabtu (26/01/2019).

Lanjutnya, relawan demokrasi yang merupakan kepanjangan tangan dari KPU ini kedepannya diharapkan semakin mampu berperan aktif dalam kegiatan penyelenggaraan pesta demokrasi yang berkualitas dan cerdas.

“Melalui relawan ini diharapkan Pemilu 2019 dapat terselenggara sukses dan berkualitas. Oleh karenanya para relawan harus mampu melakukan pemetaan basis pemilih agar sosialisasi pemilu bisa tepat sasaran,” tambah Ridhol Mujib.

Dirinya juga menekankan bahwasannya dalam Pemilu 2019 ini beberapa jenis pemilu yang meliputi pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten. Ini harus tersosialisasikan tepat sasaran oleh para relawan demokrasi. “Utamanya kerja Relawan Demokrasi KPU Lumajang harus nyata, tepat sasaran dalam menyampaikan pemahaman kepada masyarakat tentang lima jenis pemilu 2019 khususnya jenis dan warna surat suaranya” pungkasnya. (jav)