Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Pemetaan sasaran basis pemilih Pemilu 2019 terus dilakukan oleh Relawan Demokrasi di akhir bulan Januari.

Pada Selasa (29/1), Relawan Demokrasi terus berupaya agar awal bulan pebruari 2019 semua basis pemilih yang jadi sasarannya sudah selesai terpetakan. Seperti yang dlakukan relawan berbasis disabilitas ini mulai menggordinasikan dengan Kepala Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMA-LB) di Kabupaten Lumajang. hal Mereka tak ingin sosialisasi yang akan dilakukan di sekolah penyandang disabilitas ini nantinya tidak tersampaikan dengan baik apa yang menjadi tujuan KPU mengenalkan Pemilu 2019 serta jenis surat suara yang akan dicoblos pemilih disabilitas.

Relawan Demokrasi mempunyai tanggungjawab besar memberikan informasi Pemilu yang tepat sasaran. Oleh karenanya sebelum melakukan sosialisasi harus paham medan dulu. Seperti yang dilakukan oleh Relawan Demokrasi Berbasis Disabilitas yang pagi tadi menggelar serangkaian pemetaan SMALB yang beralamat di JL. Veteran Lumajang.

“Hari ini Relawan Demokrasi KPU Lumajang melakukan pemetaan seperti ralawan basis disabilitas,” kata Muhamad Ridhol Mujib Komisioner KPU Lumajang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM di Kantor KPU Lumajang pagi tadi, Selasa (29/01/2019).

Pemetaan sasaran basis ini ditargetkan sudah harus rampung bulan januari ini. Sebab mulai bulan Pebruari sosialisasi oleh Relawan Demokrasi Pemilu 2019 sudah harus terlaksana. Seperti target yang disampaikan KPU Lumajang bahwa selama sebulan relawan harus bisa melakukan sosialisasi minimal 3 kali sesuai basis sasarannya. “Itu target yang difasilitasi anggaran KPU. Kalau diluar itu silahkan adu kreatifitas antar relawan karena KPU akan memberikan reward bagi relawan yang kreatif dna inovatif” papar Ridhol Mujib.

Sementara itu, Relawan Demokrasi basis kebutuhan khusus dan marjinal juga telah melakukan pemetaan kepada sekumpulan warga, sambil mendatangi pekerja penggali pasir untuk sekedar memberikan informasi secara informal mengenai pentingnya Pemilu dan tanggal pemungutan suara. Para Relawan Demokrasi juga memberikan pengarahan tentang 5 jenis surat suara dan bagaimana cara melakukan pencoblosan yang benar. 

“Kami juga mengarahkan mereka untuk mendatangi warga atau kelompok marginal (pinggiran). Tujuannya agar supaya masyarakat yang bermukim di sana nantinya juga ikut berpartisipasi memberikan hak pilihnya pada Pemilu 17 April 2019,” pungkasnya. (hes/jav)