Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id BicaraBicara pemilih memang seringkali menjadi suatu hal yang unik dan seksi untuk dibahas. Apalagi hal ini menyangkut peran pemilih pemula dalam ajang pesta demokrasi lima tahunan. Seperti yang dialami oleh para siswi SMK Lumajang.

Topik yang bertajuk rumpi cantik bersama pelajar SMK rupanya digelar oleh Relawan Demokrasi Basis Netizen pada Minggu kemarin (3/02/2019). Bertempat di Alun-alun Lumajang saat acara Car Free Day (CFD) minggu pagi para relawan menyampaikan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada beberapa remaja putri yang sudah memenuhi syarat untuk memberikan hak pilihnya pertama kali.

“Pemilih pemula haruslah kita berikan pemahaman tentang pentingnya terlibat langsung dalam pesta demokrasi. Hal ini mengingat bahwa mereka pertama kali dalam usianya mengikuti pencoblosan pada Pemilu 2019,” kata Muhamad Ridhol Mujib Komisioner KPU Lumajang saat memberikan keterangan dihadapan media Minggu (3/02).

Dari hasil penyampaian dan interaksi bertajuk rumpi cantik yang dilakukan dengan pelajar SMK, ternyata sebagian besar dari mereka masih belum begitu mengenal dan memahami pemilu. Terlebih pentingnya pemilu dan pemilu serentak 2019 ini. “Rata-rata pemahaman mereka (para pelajar SMK) mengenai pemilu masih perlu pendalaman,” kata Ridhol Mujib.

Pernyataan pria yang memiliki panggilan lain Edo ini dipertegas oleh Dita (17). Remaja putri ini mengaku belum banyak infiinfor yany didapat mengenai pemilu. Meskipun diakui bahwa dirinya merupakan netizen atau yang kerap kali bersentuhan dengan sosial media (sosmed), namun yang dilakukannya jarang sekali berkaitan dengan pemilu.

“Saya sendiri kurang memahami betul tentang pemilu. Saya baru mengetahui lebih dalam ya karena mendapatkan sosialisasi dari relawan KPU hari ini,” tutur Dita di sela-sela istirahat usai menerima informasi pemilu oleh Relawan Demokrasi Basis Netizen pada acara car free day.

Ridhol Mujib menambahkan bahwa dalam sosialisasi tersebut para relawan demokrasi juga menyampaikan pemahaman mengenai jenis-jenis pemilu dan warna surat suara. “Kami juga berikan pemaparan mengenai 5 jenis pemilu, diantaranya memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota kepada remaja rumpi cantik. Selain itu warna surat suara juga tak luput saat sosialisasi,” bebernya.

Di lain kesempatan disaat yang sama para relawan demokrasi juga menyasar kepada sejumlah petugas Satpol PP yang saat itu berada di acara car free day.