Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Sebanyak 52 santriwati Ponpes Darun Najah di Desa Pataunan, Kecamatan Sumbersuko, berkesempatan mendapatkan kunjungan dari Relawan Demokrasi Basis Berkebutuhan Khusus KPU Kabupaten Lumajang. Kedatangan para relawan demokrasi disambut hangat oleh para santri.

Para santriwati yang sebagian besar akan ikut partisipasi pada pemilu tahun ini merupakan berkategori pemilih pemula. Oleh sebab itu, diperlukan keseriusan dan kehati-hatian dalam memberikan pemahaman mengenai urgensitas pemilu. Keterlibatan mereka secara aktif tentu menjadi perhatian serius bagi relawan demokrasi yang merupakan kepanjangan tangan KPU ini.

“Penting menjaga kehati-hatian saat memberikan sosialisasi dan pendidikan pemilih. Utamanya kepada para santriwati yang mayoritas dari mereka akan pertama kali dalam masanya terlibat langsung dalam pemilu 17 April 2019 mendatang. Karena mereka baru, maka perlu untuk dilakukan keseriusan namun disertai kesungguhan mendalam saat diberikan penyampaian informasi tentang pemilu,” kata salah satu Komisioner KPU Muhamad Ridhol Mujib, Jum’at (8/02) di kantor KPU.

Saat penyampaian, para relawan dengan gamblang memberikan pemahaman tentang jenis-jenis pemilu beserta warna surat suara. Hal ini mengingat minimnya pengetahuan mereka mengenai pemilu. Selain itu, sesi tanya jawab pun juga menjadi wadah yang diberikan oleh para relawan demokrasi untuk semakin tepat bagi mereka dalam memahami pemilu. “Selain pemaparan, tim relawan demokrasi juga menggelar sesi diskusi dan tanya jawab untuk para santriwati,” kata Ridhol Mujib Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Lumajang.

Interaksi aktif para santriwati dan relawan terlihat nyata. Nur Hasanah (18) misalnya. Dirinya mewakili teman para santri sempat mengajukan beberapa pertanyaan. Bahkan diakuinya pemilu tahun ini akan menjadi pengalaman pertama dalam usianya yang terlibat langsung memberikan hak pilihnya pada 17 April 2019 mendatang saat di dalam TPS tempat ia terdaftar.

“Saya dan teman-teman sangat berterima kasih atas sosialisasi yang diberikan oleh relawan demokrasi di ponpes ini. Pengetahuan lebih dalam mengenai pemilu sungguh diperdalam hari ini. Ini menjadi bekal bagi kita para santriwati saat hendak menuju TPS menggunakan hak pilih,” ungkap Hasanah sesaat setelah mendapatkan serangkaian hal sosialisasi di ponpes dirinya menimba ilmu.