Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – KPU RI menggelar Webinar Bakohumas (Badan Koordinasi Kehumasan), Selasa (04/05/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU RI Ilham Saputra dan Beberapa Anggota yakni Pramono Ubaid Tanthowi, Viryan, Arief Budiman, dan  I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, serta Biro Partisipasi dan Humas Sigit Joyowardono.

Sebagai pemangku kehumasan di KPU RI Anggota KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi menjelaskan tujuan pembentukan Bakohumas di seluruh satker (satuan kerja) KPU RI ini untuk peran kehumasan yang berkualitas, komunikatif, aspiratif, profesional dan kompeten. Melalui Bakohumas diharapkan juga tercipta hubungan kemitraan yang baik dengan para pemangku kepentingan terkait penyampaian informasi kepemiluan secara berjenjang dan berkelanjutan, tersosialisasinya kebijakan dan program KPU kepada internal dan eksternal.

“Harapannya bisa terbentuk opini publik yang positif terkait penyebarluasan informasi, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengakses informasi kepemiluan dan meningkatkan citra lembaga dan kepercayaan publik, serta tersedianya data dan pelayanan informasi publik yang terdepan dan terupdate bagi masyarakat,” jelas Dewa di depan peserta webinar dari KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota.

Sementara itu, Kepala Biro Partisipasi dan Humas Sigit Joyowardono juga menjelaskan peran Humas Pemerintah sesuai Permen PAN RB Nomor 30 Tahun 2011 yaitu komunikator, fasilitator, diseminator, katalisator, advisor dan interpreter, serta prescriber. Sedangkan sesuai Permen Kominfo Nomor 35 Tahun 2014, Bakohumas adalah lembaga nonstruktural yang merupakan forum koordinasi dan kerja sama antar unit kerja bidang humas.

(rsk/ysf/red).