Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Sebanyak 42 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten Lumajang hari (Rabu, 2/1/2019) ini dilantik oleh Ketua KPU Kabupaten Lumajang. Pelantikan ini dilakukan menyusul putusan Mahkamah Konstitusi Nomor: 31/PUU-XVI/2018 yang amar putusannya memerintahkan KPU agar menambahkan anggota PPK sebanyak 2 orang. Setelah melalui proses verifikasi administrasi dan wawancara bagi PAW PPK Pemilu 2019 dan PAW Pilkada 2018, KPU RI melalui Surat Edaran Nomor: 1509/PP.05-SD/01/KPU/XII/2018, KPU memerintahkan KPU Kabupaten/Kota melantik dan menetapkan anggota PPK dan PPS pada tanggal 2 Januari 2019.

Ketua KPU Kabupaten Lumajang, Siti Mudawiyah dalam sambutannya menyampaikan agar PPK 2 orang yang baru melantik segera menyesuaikan diri dengan tahapan Pemilu yang ada. Paska pelantikan segera berkoordinasi dengan PPK yang lama agar tidak ketinggalan terlalu jauh. Pasalnya, tahapan Pemilu sudah mulai memasuki tahapan krusial yang harus dipahami oleh seluruh penyelenggara pemilu. “Segera menyesuaikan diri Bersama anggota PPK lainnya, sebab mereka lebih dulu menjalankan beberapa tahapan seperti pemutakhiran daftar pemilih yang mulai hari memasuki pemutakhiran Daftar Pemilih Khusus” ujarnya.

Pemahaman tahapan tersebut katanya, PPK harus segera mempelajari tahapan Pemilu yang tercantum dalam PKPU Nomor 32 Tahun 2018 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilu 2019. Ini merupakan kunci awal PPK dalam menjalan tugas dan tanggungjawabnya sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan. “Pemahaman tahapan itu harus juga diteruskan kepada PPS dan harus dipahami Bersama-sama mereka. Jangan sampai PPK ketika ditanya public tidak tahu tahapan apa yang sedang dan akan dilaksanakan dalam Pemilu” kata Mudawiyah.

Diakhir sambutannya, Siti Mudawiyah berharap agar PPK dan PPS terus melakukan koordinasi dan komunikasi intensif. Semua tahapan harus dilakukan sesuai jadwal, jangan mengurangi dan jangan melebihi dari jadwalnya. (res)