Jakarta, kpud-lumajangkab.go.id – Netgrit (Network for Democracy and Electoral Integriti) yang merupakan organisasi yang didedikasikan untuk melembagakan demokrasi dan mendorong pelembagaan pemilu yang jurdil dan berintegritas (fair and free election with integriti) menyelenggarakan Webinar Internasional, Kamis (18/03/2021).

Kegiatan yang didukung oleh KPU RI tersebut membahas tentang perbandingan internasional tentang penerapan daftar pemilih berkelanjutan.

Hadir sebagi salah satu narasumber , Stave Chanham Ahli Pendaftaran Pemilih International Foundation for Election Systems (IFES).

Dalam kesempatan tersebut, , Stave menyampaikan jenis-jenis pendafataran pemilih.

Ia menyebutkan ada dua jenis pendaftaran pemilih, yakni pendaftaran pemilih aktif dan pasif.

“Dalam pendaftaran pemilih aktif, tingkat pendaftaran akan tergantung pada akses, kesadaran, dan motivasi. Akan tetapi tingkat pendaftaran biasanya lebih tinggi untuk sistem pendaftaran pasif. Pendaftaran pasif ini sedikit lebih mirip dengan di Indonesia,” ujar Steve.

Selanjutnya, Steve memaparkan trend  dalam pendaftaran berkala/berkelanjutan.

Steve menyebutkan bahwa data dari grafik tersebut sudah ada sejak lama.

“Kalau semisal kita lakukan corelasi ini kita akan melihat peningkatan yang lebih besar yang di Asia, Afrika, bahkan Timur Tengah. Saya tau ada proses pendaftaran yang berkelanjutan yang dikembangkan juga,” paparnya.

(rsk/shd/red).