Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Giat Sosialisasi terus dilakukan tim Relawan Demokrasi yang merupakan kepanjangan tangan dari KPU Kabupaten Lumajang.

Seperti yang dilakukan oleh Relawan Demokrasi Basis Keagamaan yang mengadakan kegiatan sosialisasi di dua tempat sekaligus dalam sehari.

Pada Kamis (14/3), Relawan Demokrasi melakukan sosialisasi kepada ibu-ibu pengajian Al-Ikhlas Dusun Wedusan, Desa Jatiroto yang dihadiri 24 orang. Relawan Demokrasi memberikan materi Pemilu yang meliputi waktu pemilihan, tata cara mencoblos, warna surat suara, tata cara pindah pilih, serta hal-hal terkait dengan pemilu.

Tak lupa, Relawan Demokrasi juga mengajarkan cara melipat surat suara, mengingatkan peserta agar tidak percaya berita hoax, sara, dan menolak uang politik.

“Usai melakukan sosialisasi di Jatiroto, Relawan Demokrasi Basis Keagamaan melanjutkan perjalanan mereka ke Dusun Pondok Kobong Desa Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung kepada 30 anggota Kebaktian Umat Khatolik di dusun tersebut.” ujar Muhamad Ridhol Mujib Komisioner KPU Kabupaten Lumajang.

Seperti sosialisasi sebelumnya, Relawan Demokrasi memberikan materi Pemilu yang meliputi waktu pemungutan surat suara; tata cara mencoblos; jenis dan warna surat suara; contoh surat suara sah dan tidak sah; pengertian DPT, DPTb dan DPK; serta cara pindah pilih.

Relawan Demokrasi juga mengajak peserta untuk tidak golput.

Kepala Desa Kedungrejo yang merupakan anggota Kebaktian Umat Khatolik menyampaikan terima kasih atas sosialisasi yang dilakukan tim Relawan Demokrasi.

Setelah sosialisasi ini, Kepala Desa Kedungrejo berkomitmen untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang lain supaya masyarakat Kedungrejo lebih cerdas dalam memilih dan angka golput di Desa Kedungrejo menurun. (hes)