Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Dipimpin Ketua PPK Senduro, Moh. Khosim, Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Senduro sambangi Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Senduro untuk mengkoordinasikan tahapan Pemilu di awal tahun 2019, senin (7/1). Pertemuan informal ini selain membahas tentang tahapan Pemilu 2019 yang sudah memasuki tahapan krusial, mereka juga mengenalkan diri tambahan dua anggota PPK yang baru dilantik pasca Putusan Mahkamah Konstitusi. Dalam kesempatan tersebut Khosim menyampaikan pelaksanaan Pemilu 2019 tinggal empat bulan lagi. Sehingga pihaknya butuh adanya sinergitas antara PPK dan Formompimca dalam kelancaran penyelenggaraan Pemilu pada 17 April 2019 nanti.

Di depan Camat Senduro, Kapolsek dan Danramil Senduro, Khosim mengatakan, sebelum hari pemungutan suara, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh PPK dan PPS di Senduro. Selain penyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), ada tahapan Kampanye Rapat Umum yang nanti akan diatur oleh KPU. “Pasca Putusan MK jumlah anggota PPK kembali menjadi 5 orang. Dan kami sekarang sudah harus melaksanakan tahapan penyusunan DPK dan DPTb, ini harus terlaksana sebagai upaya KPU memfasilitasi Pemilih yang belum terdaftar dalam DPT. Selain masa kampanye yang masih berjalan sampai hari tenang” ujarnya.

Untuk memastikan kelancaran tahapan tersebut, PPK meminta kerjasama yang baik dari pihak kecamatan terkait fasilitasi sarana maupun prasarana dan pengamanan dari pihak kepolisian dan TNI. Sehingga PPK nantinya dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya bisa berjalan lancar sesuai tahapan dan tidak menemui kendala yang berarti. “Kami hanya ingin memastikan kerjasama baik yang selama ini terbangun antara PPK dan Forkompimca dapat dipertahankan demi kelancaran Pemilu 2019 khususnya di wilayah Senduro” ungkap M. Khosim Ketua PPK Senduro.

Sementara Camat Senduro Nanang Tedjo Lelono menyampaikan akan terus berkoordinasi dengan PPK terkait tahapan Pemilu 2019. Sebab menurutnya pemerintah kecamatan ini hanya bisa memfasilitasi kebutuhan PPK dalam rangka kelancaran tahapan di tingkat Kecamatan Senduro. “Kelancaran Pemilu di Senduro berjalan aman tak hanya menjadi tanggungjawab PPK saja tapi semua stakeholder disini harus bisa menjaga kondusifitas di wilayah Senduro” tuturnya yang diamini Kapolsek dan Danramil Senduro.

Di penghujung koordinasi, PPK Bersama Forkompimca Senduro Camat, Kapolsek Senduro IPTU Joko Wintoro dan Danramil Senduro Kapten I Ketut Sudiarta bersepakat untuk menjaga kelancaran tahapan Pemilu demi kondusifitas Pemilu 2019 khususnya di wilayah Senduro. Perlu diketahui pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU-XVI/2018 jumlah anggota PPK bertambah dua orang. Untuk PPK Senduro diantaranya 1). Moh. Khosim Ketua/ Divisi Teknis Penyelenggaraan, 2). Lilis Maria Ulfa, Anggota/ Divisi SDM dan Parmas, 3). Fadli Al HakimAnggota/ Divisi Rendatin, 4). Iin Setyorini, Anggota/ Divisi Hukum dan Pengawasan, dan 5). Sunarwati, Anggota/ Divisi KUL. (res)