Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang kembali melanjutkan proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2019 pada Selasa (12/3).

Proses penyortiran dan pelipatan suara ini kembali dilanjutkan setelah jeda selama sepekan.

Hal ini dikarenakan surat suara jenis DPD RI baru selesai cetak dan didistribusikan ke gudang logistik KPU Lumajang pada Senin (11/3) kemarin.

Seperti sebelumnya, proses penyortiran san pelipatan surat suara ini melibatkan ratusan pekerja yang berasal dari warga sekitar.

Mereka ditargetkan menyelesaikan sortir dan lipat sebanyak 851.755 lembar surat DPD RI dalam waktu 2 hari.

“KPU Lumajang kembali menggunakan tenaga pelipat yang kemarin karena mereka sudah cakap melakukan proses penyortiran dan pelipatan ini,” papar Siti Mudawiyah selaku Ketua KPU Lumajang saat berkunjung ke Gudang Logistik KPU di Jalan Panjaitan.

Dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut, pekerja diminta harus teliti dengan surat suara yang cacat, seperti berlubang, robek, dan tinta habis atau gambar kusam.

Pekerja juga diminta agar berhati-hati dalam melipat surat suara, agar surat suara yang sudah terlipat berada dalam kondisi baik.

“Pesan saya untuk pekerja agar lebih berhati-hati. Tidak hanya diburu target waktu, pekerja dituntut hati-hati karena ini bukan suatu perlombaan. Intinya, pekerja harus hati-hati, teliti, dan cermat,” lanjut Muda, panggilan akrabnya. (hes)