Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Lumajang tahun 2018 terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada wali murid TK Dharma Wanita Desa Banyuputih Lor Kecamatan Randuagung Lumajang Jawa Timur, sabtu (31/3) di aula Taman Kanak-kanak setempat. Dalam kesempatan tersebut Komisioner KPU Lumajang Divisi SDM dan Parmas KPU Lumajang meminta seluruh wali murid mengetahui semua tahapan Pilkada ini secara menyeluruh. Khususnya yang sekarang lagi berlangsung yakni pengumuman Daftar Pemilih Sementara.

Ridho mengajak agar semua ibu-ibu wali murid bisa mengecek langsung namanya dalam DPS yang sudah ditempel di balai desa atau di balai dusun yang ada. Sehingga bisa diketahui apakah namanya sudah terdaftar apa belum DPS. “Semua saya minta agar ngecek namanya di DPS yang sudah ditempel oleh PPS jangan sampai nama anda tidak masuk dalam DPS. Kalau belum segera laporkan ke PPS nya agar secepatnya terdata dan bisa masuk dalam masa perbaikan DPS” ajaknya.

Sebab nantinya kata Ridho, mereka yang terdaftar sebagai pemilih mempunyai hak memilih pada saat hari pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018. Kecuali mereka yang hingga penetapan Daftar Pemilih Tetap belum juga terdaftar karena beberapa faktor, KPU masih memberikan kesempatan yang sama untuk bisa memilih meskipun kesempatan mencoblosnya tidak bersamaan dengan Pemilih yang ada di DPT. “nanti pada saat nyoblos yang terdaftar dalam DPT diberikan kesempatan awal untuk mencoblos sedangkan yang tidak terdaftar nyoblosnya satu jam sebelum waktu pemungutan suara ditutup pukul 13.00 WIB” terangnya.

Untuk mengingatkan siapa calon Gubernu dan Calon Bupatinya, dia menjelaskan satu persatu Pasangan Calon yang akan dipilih nantinya oleh masyarakat khusunya wali murid TK Dharma Wanita Desa Bayuputih Lor. Yakni Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yakni, Nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak sedangkan Paslon Nomor urut 2 Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno. Sementara Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang Nomor urut 1 H. Thoriqu Haq, M.ML dan Ir. Hj. Indah Amperawati M.Si, Nomor urut 2 H. As’at M.Ag dan H. Thoriq sedangkan Paslon Nomor Urut 3 H. Rofik SH, MH dan Ir. Nurul Huda. “Ibu-ibu nantinya harus mencoblos satu saja untuk Paslon Gubernur dan Wakilnya serta Bupati dan Wakilnya. Jangan lebih karena hasilnya tidak sah, dan saat nyoblos harus tepat tidak melebihi dari garis kotak yang membatasi gambar masing-masing Paslon dalam surat suara. Kalau nyoblosnya tepat selain sah rasanya juga enak ke kita” terang Ridho sambil disambut tawa ibu-ibu wali murid yang hadir.

Diakhir penyampaiannya Ridho berpesan agar warga masyarakat Desa Banyuputih Lor juga ikut menjaga kekondusifan pelaksanaan Pilkada di desanya agar tercipta Pmilihan Serentak yang aman dan damai untuk Lumajang kedepan yang lebih baik