Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Sosialisasi Pemilu 2019 kembali dilakukan oleh tim Relawan Demokrasi Basis Kebutuhan Khusus pada Jumat (8/3).

Sosialisasi ini dilakukan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Lumajang.

Kedatangan Relawan Demokrasi ini disambut hangat warga binaan Lapas. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh kurang lebih 600 warga binaan.

Selama satu jam, Relawan Demokrasi memberikan materi Pemilu yang meliputi waktu pelaksanaan pemilu, surat suara, dapil, tata cara pindah pilih, dan tata cara pencoblosan.

Warga binaan Lapas tampak antusias mengikuti acara sosialisasi yang dikolaborasikan dengan petugas Lapas. Relawan Demokrasi yang merupakan kepanjangan tangan dari KPU ini, juga mengajak warga binaan untuk berpartisipasi memberikan hak suaranya pada pemilu 17 April 2019 dalam kondisi apa pun.

“Petugas lapas merasa sangat bersyukur dengan acara sosialisasi kali ini karena warga binaan dapat terfasilitasi mengenai segala bentuk informasi Pemilu.” ujar Muhamad Ridhol Mujib, Komisioner KPU Kabupaten Lumajang, yang membidangi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

Seorang warga binaan yang berasal dari Papua, mengajak seluruh teman di dalam Lapas ini menjadi pemilih aktif di Pemilu 2019. Sebab KPU akan mempermudah proses pindah pilih khusus untuk warga binaan Lapas. “Hak pilih warga binaan akan tetap difasilitasi oleh KPU tinggal menunggu ketentuan dari KPU RI dalam menyikapinya.” pungkasnya.

Dengan menggunakan anggaran fasilitas dari KPU, Relawan Demokrasi juga menyediakan doorprize untuk dibagikan kepada warga binaan yang aktif. (hes)