Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Penghujung tahun 2018 tak membuat surut Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang melakukan sosialisasi Pemilu 2019. Sosialisasi ini dilakukan di saat lomba gerak jalan Candipuro-Lumajang (CANDIL) dalam rangkaian Hari Jadi Lumajang (HARJALU) ke-763. Untuk memancing respon masyarakat, acara sosialisasi ini dihibur dengan music orgen tunggal untuk menghibur peserta dan masyarakat yang melewati stand KPU di Jl. Raya Tempeh. Selain itu, KPU Lumajang juga memberikan sejumah door prise bagi warga yang bisa menjawab pertanyaan seputar Pemilu 2019. Tak ayal, sejumlah wargapun berebut ingin mendapat sejumlah jam dinding, mug, cangkir dari KPU, sabtu (29/12).

Menurut Ketua KPU Kabupaten Lumajang, Siti Mudawiyah yang hadir langsung pada acara sosialisasi tersebut mengajak, agar seluruh warga yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap untuk berbondong-bondong dating ke TPS pada tanggal 17 April 2019 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. “Kami hadir di tengah-tengah CANDIL ini untuk mengingatkan bahwa tahun 2019 ini akan ada Pemilu serentak Tahun 2019. Datanglah ke TPS dimana anda terdaftar sebagai pemilih” ajaknya.

Dia juga mengingatkan bagi warga yang belum terdaftar dalam DPT, mulai saat ini hingga 17 April 2019 nanti masih ada kesempatan memlih tapi dengan syarat memiliki keterangan identitas diri yang akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Khusus. “kategori ini bagi warga yang belum terdaftar dalam DPT maupun DPTb tapi sudah memiliki KTP Elektronik atau Surat Keterangan dari Dispenduk Capil” ujar Mudawiyah.

Untuk memastikannya, lanjutnya warga bisa mengecek namanya di link lindungihakpilihmu.kpu.go.id atau download dan install aplikasi KPU RI PEMILU 2019 melalui google plasy store. “Caranya gampang setelah buka link atau aplikasinya ketikkan nama dan NIK anda setelah itu akan muncul nama, alamat, dan di TPS berapa anda akan mencoblos nantinya” katanya.

Tak lupa Ketua KPU Kabupaten Lumajang ini menjelaskan, untuk memudahkan pemilih nantinya saat mencoblos lima surat suara Pemilu 2019. KPU telah menetapkan jenis dan warna surat suara, yakni, surat suara Presiden dan Wakil Presiden berwarna abu-abu, DPR berwarna kuning, DPD berwarna merah, DPRD Provinsi berwarna biru dan DPRD Kabupaten/kota berwarna hijau. (res)