Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Semakin mendekati Pemilu 2019, sosialisasi kepada masyarakat semakin gencar dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang dengan bantuan Relawan Demokrasi dan Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Pada Jumat (15/2), sosialisasi serentak digelar di beberapa daerah Kabupaten Lumajang. Salah satunya adalah sosialisasi yang dilakukan oleh Relawan Demokrasi Basis Keluarga.

Dengan menggunakan anggaran yang telah difasilitasi KPU, Relawan Demokrasi Basis Keluarga melakukan sosialisasi kepada kumpulan ibu-ibu arisan fatayat di Desa Selokbesuki Kecamatan Sukodono.

Dalam sosialisasi yang dihadiri sebanyak 36 peserta itu, Relawan Demokrasi memberikan pengetahuan mengenai Pemilu yang meliputi jenis surat suara, proses pindah pilih, dan cara mencoblos surat suara yang baik dan sah.

Selain itu, Relawan Demokrasi Basis Keluarga juga mengajarkan cara mengecek Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Salah satu peserta bernama Minut mengatakan bahwa sosialisasi ini sangat membantu memahami Pemilu.

“Kegiatan sosialisasi seperti ini bisa membantu masyarakat agar dalam proses pemilu besok tidak kesulitan untuk menentukan pilihannya khususnya seperti saya ini,” kata Minut dalam bahasa Madura.

Di waktu yang bersamaan, sosialisasi juga dilakukan di SMA Negeri Tempeh. Kegiatan ini diikuti oleh 100 siswa.

Para siswa tampak sangat antusias dalam kegiatan sosialisasi ini. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan para siswa kepada Relawan Demokrasi.

Salah satu peserta bernama Isna sempat memberikan pertanyaan yang membuat bangga para Relawan Demokrasi.

Isna menanyakan perihal tips dan trik sebagai pemilih pemula supaya bisa memilih atau mengetahui calon yang baik dan benar sehingga nantinya mereka yakin pilihannya tepat.

Tak mau kalah, Relawan Demokrasi Basis Berkebutuhan Khusus juga melakukan sosialisasi pada Jumat (15/2).

Mereka melakukan sosialisasi di PTPN XII Jatiroto Lumajang. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh petinggi, pegawai, mandor, serta karyawan PTPN XII Jatiroto.

Kedatangan Relawan Demokrasi disambut antusiasme yang luar biasa dari 175 peserta. Relawan Demokrasi memberikan pemahaman tentang Pemilu, meliputi waktu Pemilu, cara dan syarat pindah pilih, pengenalan parpol dan capres, waktu pemungutan suara, pengenalan jenis surat suara, dan pembagian dapil.

Peserta sosialisasi menyimak dengan khidmat jalannya sosialisasi serta memberikan beberapa pertanyaan.

Selain menyampaikan materi tersebut, tim Relawan Demokrasi Basis Berkebutuhan Khusus juga mengajak peserta sosialisasi untuk menciptakan pemilu aman, damai, jujur serta mengajak untuk tidak golput.

Salah satu peserta sosialisasi bernama Suyitno memberikan apresiasi kepada tim Relawan Demokrasi karena telah membantu mereka memahami Pemilu yang digelar pada 17 April 2019. (hes/jav)