Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang terus berupaya meningkatkan kesadaran berdemokrasi melalui sosialisasi mulai dilakukan dengan sasaran Pemilih muda. Kali ini yang menjadi sasarannya yakni Alumni muda dan santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto Lumajang. Bertempat di alula Kantor IPNU dan IPPNU Kabupaten Lumajang Jl. Alun-alun Timur Kota Lumajang, Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Lumajang Muhamad Ridhol Mujib mengajak seluruh santri dan alumni agar lebih memahami tahapan Pemilu 2019 yang bisa dikatakan Pemilu paling akbar selama sejarah penyelenggaraan Pemilu di Indonesia.

Menurutnya, selain tahu kapan pelaksanaan Pemilu 2019 yang akan digelar pada 17 April 2019, santri dan alumni PONPES Miftahul Ulum harus tahu tahapan-tahapan sebelum pelaksanaan pemungutan suara Pemilu. “Kalau hari coblosannya saya yakin santri Miftahul Ulum passti tahu karena tergolong generasi milenial yang gampang mengakses di internet maupun media sosial” katanya, minggu (4/11).

Tinggal tugas KPU Lumajang sekarang ingin menjelaskan tahapan apa saja yang akan dan telah dilakukan oleh KPU sebagai penyelenggara Pemilu. “Paling tidak setelah ini santri dan alumni bisa memberikan informasi kepada teman dan keluarganya apa saja persiapan KPU dalam melaksanakan Pemilu” terang Ridho.

Mulai pengecekan pemilih melalui aplikasi Pemilu, tahapan kampanye dan pengenalan peserta Pemilunya. Pemilu sekarang sudah canggih. Untuk mengetahui apakah sudah terdaftar sebagai Pemilih saja bisa dilakukan bisa mealui cek di aplikasi KPU RI Pemilu 2019. “Install saja aplikasi melalui Play Store di HP androidnya setelah itu masuk ke cek pemilih dan masukkan NIK dan Nama anda” ungkapnya kepada seratusan santri yang hadir.

Sedangkan pengenalan peserta Pemilunya pun, bisa diakses melalui website KPU Kabupaten Lumajang untuk Calon Anggota DPRD Kabupaten Lumajang, website KPU Jatim untuk Calon Anggota DPRD Provinsi dan DPD dan website KPU RI untuk Calon Anggota DPR RI dan Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2019. (rez)