Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Sosialisasi Pemilu 2019 terus gencar dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang.

Pada Jumat (22/3), KPU Lumajang melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melakukan sosialisasi basis pemilih pemula kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Pronojiwo.

Sosialisasi yang dipimpin oleh Ketua PPK Pronojiwo Bakhtiar Kasworo itu melibatkan 90 siswa kelas 12 SMA Negeri 1 Pronojiwo.

Dalam sosialisasinya, Ketua PPK Pronojiwo menegaskan pentingnya pemuda dalam menggunakan hak pilih bagi masa depan Indonesia.

Ia juga memberikan informasi terkait nama nama pasangan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden beserta dengan nomer urut masing-masing paslon. “Paslon Presiden dan Wakil Presiden ada nomor urut 01 Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin, nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno,” katanya.

Ketua PPK Pronojiwo juga menjelaskan adanya 5 pemilihan dalam Pemilu tahun ini, yang meliputi pemilihan DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jawa Timur, DPRD Kabupaten Lumajang.

Selanjutnya, Ketua PPK memberikan ilustrasi pencoblosan yang benar kepada siswa-siswi.

Serta mengimbau kepada mereka yang masuk dalam DPT untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi.

“Mari bersama-sama berbondong-bondong datang ke TPS masing-masing pada hari Rabu tanggal 17 April 2019 untuk menggunakan hak konstitusional sebagai warga Kabupaten Lumajang, khususnya masyarakat Pronojiwo,” terang Bakhtiar panggilan akrabnya.

Ketua PPK menyarankan agar siswa-siswi SMAN 1 Pronojiwo dapat memilih presiden dan wakil presiden serta memilih anggota DPR,DPRD Provinsi dan kabupaten serta DPD sesuai dengan pilihannya.

Antusias dari siswa cukup tinggi dengan adanya pertanyaan dari beberapa siswa-siswi terkait dengan Pemilu 2019.

“Sebagai kaum milenial jangan sampai golput dan ‘menggadaikan’ hak pilihnya dengan materi atau uang, serta memerangi berita hoax.” imbuhnya.

Ketua PPK juga berharap agar pesan sosialisasi Pemilu yang telah diterima siswa-siswi dapat diinformasikan kepada internal keluarga dan tetangga sekitarnya. (hes)