Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Menjelang 40 hari menjelang Pemilu 2019, sosialisasi terus gencar dilakukan oleh KPU Kabupaten Lumajang.

Relawan Demokrasi yang merupakan kepanjangan tangan KPU melakukan sosialisasi Pemilu dengan sasaran aktivis pergerakan mahasiswa pada Jumat (8/3).

Sosialisasi berbasis warga internet (netizen) ini diikuti sekitar 35 peserta.

Kedatangan Relawan Demokrasi Basis netizen ini disambut antusias dan keceriaan peserta.

Secara gamblang, Relawan Demokrasi Basis Netizen menjelaskan materi Pemilu yang meliputi waktu pelaksanaan pemilu, surat suara, dapil, tata cara pindah pilih, dan jumlah partai.

“Untuk kembangkitkan antusiasme peserta, Relawan Demokrasi juga melakukan senam gemufamire dan permaianan ular tangga dengan memanfaatkan anggaran fasilitas dari KPU.” ujar Muhamad Ridhol Mujib Anggota KPU Kabupaten Lumajang.

Peserta tampak sangat antusias menjawab segala teka-teki dalam permainan ular tangga terkait Pemilu. Salah satu dari peserta, ada yang melakukan orasi atau menyerukan suara untuk tidak golput dalam Pemilu nanti.

“Peserta mengikuti acara sosialisasi dengan cermat, serta mengajukan beberapa pertanyaan-pertanyaan kritis.” imbuhnya.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan kolaborasi Tim Relawan Demokrasi dengan Omek mahasiswa.

Omek Mahasiswa sangat bersyukur karena dengan adanya sosialisasi ini, mahasiswa jadi terbantu dan merasa bahwa sosialisasi Pemilu seperti ini memang sangat diperlukan. (hes)