Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Sosialisasi Pemilu 2019 terus gencar dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang.

Pada Selasa (26/2), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Senduro sebagai badan adhoc KPU, turut serta mengadakan sosialisasi tahapan Pemilu 2019 berbasis agama.

Kegiatan sosialisasi tersebut diadakan untuk Suku Tengger, tepatnya di Musholla Arroudhoh, Desa Argosari, Kecamatan Senduro.

Dalam sosialisasi tersebut, PPK Senduro mengenalkan jenis dan warna surat suara.

“Kawan-kawan PPK juga memberikan contoh cara mencoblos surat suara yang benar dan sah,” ujar Muhamad Ridhol Mujib, Komisioner KPU Kabupaten Lumajang.

Penjelasan lain terkait peserta Pemilu Pileg dan Pilpres 2019 juga diberikan PPK kepada 50 peserta yang hadir.

Harapannya, pada tanggal 17 April nanti masyarakat Suku Tengger yang berada di sekitar puncak B29 atau yang lebih dikenal dengan sebutan “Negeri Diatas Awan” ini sudah mengetahui siapa calon yang akan dipilih. “Kalau mereka mengenali calonnya, harapannya bisa terdorong untuk datang ke TPS dan menyalurkan hak pilihnya.” Terang Ridho panggilan akrab Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM tersebut.

Dengan menggunakan dana fasilitas dari KPU Lumajang, PPK Senduro menyediakan berbagai macam doorprize kepada warga dan memberikan cinderamata pada kepala adat Suku Tengger sekaligus Takmir Masjid yang bernama ust. Karno.

“Harapannya sosialisasi tidak cukup satu kali, supaya lebih paham terkait tata cara mencoblos di TPS,” pinta Karno sambil mengucapkan terimakasih kepada PPK yang telah hadir ditengah-tengah warga suku Tengger. (hes)