Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – MA Al Hikmah Desa Pasrujambe Kecamatan Pasrujambe mendapat kunjungan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pasrujambe pada Sabtu (16/2). Kunjungan PPK Pasrujambe ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada para siswa mengenai Pemilu.

Sosialisasi diikuti sebanyak 130 peserta. Dengan penuh kesabaran, PPK Kecamatan Pasrujambe menyampaikan materi tentang Pemilu yang meliputi jenis surat suara, waktu pelaksanaan, fungsi pemilu, serta simulasi cara menggunakan hak pilih dengan benar dan sah.

Selain itu, PPK Kecamatan Pasrujambe juga mengajarkan bagaimana cara mengecek apakah yang bersangkutan telah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) melalui link lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

Sosialisasi yang berjalan selama 2 jam disambut dengan antusiasme para siswa. Seorang siswa kelas XII IPS bernama Dinda Ayundari mengaku senang dengan adanya sosialisasi ini.

“Sangat senang ada sosialisasi seperti ini. Banyak informasi baru yang bisa saya tangkap tentang Pemilu dan disampaikan langsung oleh pakarnya,” ujar Dinda.

Sebagian besar siswa MA Al Hikmah Desa Pasrujambe Kecamatan Pasrujambe baru akan ikut berpartisipasi Pemilu tahun ini dan berkategori pemilih pemula. Sehingga perlu keseriusan dan kehati-hatian dalam memberikan pemahaman mengenai Pemilu.

Sebelumnya, M. Ridhol Mujib selaku Komisioner Sosdiklih Parmas SDM KPU Lumajang telah mewanti-wanti kepada PPK yang merupakan kepanjangan tangan dari KPU itu untuk melakukan sosialisasi kepada Pemilih Pemula yang baru menggunakan hak pilih untuk pertama kalinya.

“Penting menjaga kehati-hatian saat memberikan sosialisasi dan pendidikan pemilih. Utamanya kepada para siswa yang mayoritas dari mereka akan pertama kali dalam masanya terlibat langsung dalam pemilu 17 April 2019 mendatang. Karena mereka baru, maka perlu untuk dilakukan keseriusan namun disertai kesungguhan mendalam saat diberikan penyampaian informasi tentang pemilu,” tegasnya. (hes)