Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Siswa MA Hasim Asyari mendapatkan kunjungan sosialisasi Pemilu dari PPK Kecamatan Sumbersuko dan Relawan Demokrasi Basis Pemilih Pemula pada Jum’at (15/2).

Kedatangan PPK dan Relawan Demokrasi yang merupakan kepanjangan tangan dari KPU Kabupaten Lumajang itu disambut hangat oleh 110 siswa.

Sebagian besar siswa MA Hasyim Asyari baru akan ikut berpartisipasi Pemilu tahun ini dan berkategori pemilih pemula. Sehingga perlu keseriusan dan kehati-hatian dalam memberikan pemahaman mengenai Pemilu.

Sebelumnya, M. Ridhol Mujib selaku Komisioner Sosdiklih Parmas SDM KPU Lumajang telah mewanti-wanti para Relawan Demokrasi ketika memberikan sosialisasi kepada Pemilih Pemula yang baru menggunakan hak pilih untuk pertama kalinya.

“Penting menjaga kehati-hatian saat memberikan sosialisasi dan pendidikan pemilih. Utamanya kepada para siswa yang mayoritas dari mereka akan pertama kali dalam masanya terlibat langsung dalam pemilu 17 April 2019 mendatang. Karena mereka baru, maka perlu untuk dilakukan keseriusan namun disertai kesungguhan mendalam saat diberikan penyampaian informasi tentang pemilu,” tegasnya.

Dalam penyampaian sosialisasi di MA Hasyim Asyari, PPK Kecamatan Sumbersuko dan Relawan Demokrasi dengan gamblang memberikan pemahaman tentang materi Pemilu yang meliputi waktu pelaksanaan, jenis dan warna surat suara, serta cara mencoblos yang benar dan sah.

Siswa MA Hasyim Asyari tampak sangat antusias mendengarkan setiap penjelasan PPK dan Relawan Demokrasi. Para siswa juga aktif mengajukan pertanyaan terkait pesta demokrasi yang digelar pada 17 April ini.

Untuk membangkitkan antusiasme para siswa, PPK dan Relawan Demokrasi juga menyediakan doorprize untuk dibagikan kepada siswa yang aktif bertanya maupun siswa yang mampu menjawab pertanyaan Relawan Demokrasi dengan benar.

Ketua Osis MA Hasim Asyari, Silfana Anisatul sangat berterima kasih dengan kunjungan PPK Kecamatan Sumbersuko dan Relawan Demokrasi.

“Saya merasa berterima kasij. Dengan adanya sosialisasi ini, kami mendapat penjelasan secara gamblang terutama tentang jenis surat suara dan tata cara pencoblosan. Dan yang tak kalah penting, banyak doorprize serta snack yang dibagikan kepada kami,” tutur Silfana. (hes)