Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Relawan Demokrasi masih terus semangat untuk memberikan sosialisasi Pemilu kepada seluruh lapisan masyarakat.

Pada Rabu (20/2), Relawan Demokrasi Basis Disabilitas berkunjung ke Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) Bhakti Wanita Lumajang. Kedatangan Relawan Demokrasi disambut hangat oleh para peserta sosialisasi sebanyak 35 siswa.

Secara gamblang, Relawan Demokrasi menjelaskan materi Pemilu yang meliputi arti demokrasi, pentingnya partisipasi, jenis surat suara, waktu pemilu, dan materi penting lainnya.

Menariknya, agar tidak monoton, kegiatan sosialisasi di SMALB Bhakti Wanita dimeriahkan dengan bakat siswa. “Ada yang membacakan lantunan qiroah dan menunjukkan permainan alat musik keyboard,” ujar Muhamad Ridhol Mujib Komisioner KPU Kabupaten Lumajang yang mengapresiasi semangat pelajar penyandang disabilitas ini.

Di akhir sosialisasi, Relawan Demokrasi juga memberikan contoh simulasi sederhana pelaksanaan Pemilu. Mulai dari tata cara mengisi daftar hadir pemilih hingga pencelupan jari ke tinta.

Selain itu, Relawan Demokrasi juga mengajak para siswa untuk berbondong-bondong datang ke TPS pada tanggal 17 April 2019. Relawan Demokrasi juga mengimbau agar para siswa menggunakan hak pilihnya dengan bijak. (hes)