Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Sebanyak seratusan calon penambahan anggota PPK Pemilu 2019 mengikuti sosialisasi penambahan dua orang anggota PPK Pemilu 2019 pasca Putusan MK Nomor 31/PUU-XVI/2018 yang digelar oleh KPU Kabupaten Lumajang, di Cafe Amanda, selasa (14/11). Dalam kesempatan tersebut, Anggota KPU Kabupaten Lumajang Muhamad Ridhol Mujib menyampaikan mekanisme penambahan calon anggota PPK yang dimulai dengan pemberian surat kesediaan mengikuti proses penambahan ini hingga tahapan wawancara nantinya.

Namun sebelum itu, kata Ridho dari seluruh calon anggota PPK diverifikasi administrasi terkait periodeisasi masa jabatan menjadi anggota PPK Pemilu maupun Pilkada. “2 kali Periode di jabatan yang sama sebagai PPK menajdi titik tekan kami dalam verifikasi adminstrasi sebalum di wawncara” katanya.

Aturan periodeisasi ini masih memedomani Keputusan KPU Nomor 221. Hal ini berlaku bagi bagi semua PAW PPK Pemilu 2019 maupun PAW Pilkada 2018. “Memang penekanannya pada 2 kali masa jabatan. Termasuk kesedian mengikuti proses mulai dari sosialisasi ini hingga nanti wawancara dimana sebelum itu semua mengumpulkan berkas surat pernyataan dan foto kopi KTP yang masih berlaku untuk mengetahui domisilinya apa sesuai kecamatan yang sama saat mendaftkan menjadi PPK Pilkada dulu” jelasnya.

Sesuai tahapan penambahan jumlah anggota PPK Pemilu 2019 ini, KPU Kabupaten Lumajang akan melaksanakan verifikasi adminsitrasi mulai tanggal 15-17 November 2018 dan akan mengumumkan calon PPK yang lolos dan berhak mengikuti wawancara pada tanggal 19 Noember 2018. Sedangkan pentapan peringkat teratas akan menjadi anggota PPK Pemilu 2019 yang akan dilantik pada tanggal 2 Januari 2019. (res)