Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Perempuan KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur menyelenggarakan acara Halal Bi Halal, Rabu (27/5).

Yuyun Baharita selaku Ketua KPU Kabupaten Lumajang dan Siti Mudawiyah selaku anggota Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Lumajang turut hadir dalam acara Halal Bi Halal tersebut.

Acara Halal Bi Halal dilakukan secara daring, mengingat saat ini dunia berada dalam kondisi pandemi Covid-19.

Halal Bi Halal diikuti oleh 44 perempuan anggota KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jatim yang menyebut diri sebagai Srikandi KPU se-Jatim.

Sebutan tersebut tercetus karena menjadi perempuan penyelenggara Pemilu tidaklah mudah. Mereka harus mampu menyeimbangkan peran domestik dengan tugas-tugas penyelenggara Pemilu.

Peran ganda inilah yang perempuan penyelenggara pemilu menjadi wanita istimewa seperti srikandi.

Dalam kesempatan Halal Bi Halal virtual ini, Rochani dan Nurul Amalia selaku anggota komisioner KPU Jawa Timur, berpesan bahwa menjadi perempuan penyelenggara pemilu adalah pilihan, maka harus mampu menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya, penuh dedikasi, profesional, dan bertanggung jawab.

Kedua Komisioner KPU Jawa Timur tersebut juga berpesan penyelenggara Pemilu yang sedang mengadakan pemilihan tahun 2020 harus bersiap-siap dengan kondisi ‘new normal’ di berbagai pelaksanaan teknis, salah satunya bimtek yang mungkin dilakukan secara virtual selama pandemi Covid-19.

Selama daring berlangsung, Srikandi KPU se-Jatim saling mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri dan bermaaf-maafan.

Mereka juga menyampaikan refleksi satu tahun menjadi penyelenggara pemilu. (hes)