Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id– Seluruh Anggota KPU Kabupaten Lumajang melakukan supervisi ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk memastikan pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) sudah ditempel kantor balai desa/kelurahan masing-masing, dengan tempat yang mudah diakses oleh masyarakat umum. Hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui dan bisa melihat bahwa namanya sudah terdaftar dalam DPS pada Pemilihan Serentak tahun 2018 ini.

Seperti yang dilakukan Komisioner KPU Lumajang Divisi SDM dan Parmas M.Ridhol Mujib di tiga desa  yaitu Kudus,Mlawang dan Sawaran lor Kecamatan Klakah Minggu (25/3). Dari hasil pantauannya seluruh PPS sudah mengumumkan DPS nya di papan pengumuman balai desa setempat. Seperti yang dilakukan oleh PPS ketiga desa tersebut “Sejak DPS ditempel PPS warga mulai berdatangan ke kantor desa untuk mengecek namanya apa sudah masuk dalam DPS atau belum” kata Syamsul.

Dia meminta kepada seluruh PPS sekaligus menginformasikan ke warga di desanya agar pro aktif melihat pengumuman DPS di balai desa. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa mengecek langsung namanya dalam DPS. “Jika belum terdaftar silahkan melapor ke PPS agar segera diinventarisir untuk dimasukkan pada saat masa perbaikan DPS nantinya” pinta Ridhol.

Karena imbuh  Ridhol tidak menutup kemungkinan masih ada warga yang belum sempat tercoklit pada saat masa pencoklitan yang dimulai tanggal 20 Januari hingga 18 Pebruari 2018 lalu. “Masih ada kesempatan bagi masyarakat untuk melaporkan jika masih ada warga yang belum dicoklit 2 bulan kemarin. Makanya kita minta PPS juga ikut woro-woro ke warga agar melaporkan jika ditemukan ada warga yang belum masuk DPS” imbuhnya.

Sesuai tahapan pemutakhiran daftar pemilih, pengumuman DPS mulai tanggal 24 Maret hingga 2 April 2018. Ada waktu 5 hari sejak tanggal 3-7 April masyarakat bisa memberikan tanggapan terkait DPS yang sudah diumumkan KPU Lumajang melalui PPS di kantor desa/kelurahan masing-masing.