Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Memasuki tahapan pembentukan Relawan Demokrasi Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang terus gencar melakukan sosialisasinya. Salah satunya melalui media radio saat diundang dialog interaktif, jum’at (11/1). Dalam kesempatan tersebut, Anggota KPU Kabupaten Lumajang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Muhamad Ridhol Mujib mengajak seluruh warga Lumajang untuk berpartisipasi menjadi Relawan Demokrasi Pemilu 2019.

Menurut Ridho panggilan akrabnya, tujuan dibentuknya Relawan Demokrasi diantaranya meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meiningkatkan kepercayaan public terhadap proses demokrasi dan membangkitkan kesukarelaan masyarakt sipil dalam agenda Pemilu dan demokratisasi. “Kita ingin proses pemilu 2019 berjalan sukses dan lancar dengan indicator partisipasi pemilih meningkat dan public percaya jika pesta demokrasi ini berkualitas” ujarnya.

Untuk itu pihaknya mengajak seluruh warga Lumajang yang sudah berusia minimal 17 tahun ikut berparitisipasi menjadi relawan demokrasi. Khusus Relawan Demokrasi Basis Pemilih Pemula maksimal usia 25 tahun. Semua relawan dmeokrasi ini tugasnya membantu KPU dalam memberikan sosialisasi dan Pendidikan pemilih bagi masyarakat. “Syaratnya tak terlalu ribet, minimal lulus SMA dan terdaftar sebagai pemilih dibuktikan surat keterangan dari PPS” katanya.

Proses ini lanjut Ridho, setelah dinilai memenuhi syarat administrasi bagi pendaftar akan mengikuti seleksi wawancara yang akan dilakukan selama dua hari. Baru kemudian KPU Lumajang akan mengumumkan 55 orang Relawan Demokrasi yang qualified untuk ditugaskan menjadi relawan demokrasi sesuai 11 basis pemilih yang sudah ditetapkan KPU. “Setelah lolos administrasi baru akan dites wawancara yang memenuhi kualifikasi akan kita tetapkan dan akan bertugas selama 3 bulan kedepan” ungkapnya.

Seperti yang telah diumumkan KPU Kabupaten Lumajang Relawan Demokrasi ini akan bertugas dengan 11 sasaran pemilih. Antara lain 1) basis keluarga, 2) basis pemilih pemula, 3) basis pemilih muda, 4) basis pemilih perempuan, 5) basis penyandang disabilitas, 6) basis pemilih berkebutuhan khusus, 7) basis kaum marjinal, 8) basis komunitas, 9) basis keagamaan, 10) basis warga internet, 11) basis relawan demokrasi.

Sedangkan jadwal pembentukan Relawan demokrasi ini mulai tanggal 10-14 Januari 2019 dan yang lolos administrasi akan mengikuti tes wawancara pada tanggl 16-17 Januari 2018. Info lebih lengkap bisa dililhat di website KPU Kabupaten Lumajang kpud-lumajangkab.go.id atau dating langsung ke Kantor KPU Kabupaten Lumajang Jl. Veteran 70 Lumajang pada jam kerja 08.00-16.00 WIB. (res)