Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Debat Publik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang Tahun 2018 tahap pertama berlangsung meriah. Pasalnya, sebelum debat dimulai ratusan undangan yang memenuhi Gedung Soejono tempat Debat Publik Gelar disuguhi tarian lok moah kencak kencak. Tarian ini menggambarkan icon Lumajang yang beberapa tahun terakhir telah menjadi simbol peninggalan sejarah kerajaan Lamajang dengan raja yang berkuasa kala itu Arya Wiraraja.

Sorak-sorai semangat dari para pendukung ketiga Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terus diteriakkan menunjukkan bahwa debat tahap pertama sebagai debat yang damai tanpa ada kata maupun tindakan yang merendahkan Paslon lainnya. Meski mereka saling menunjukkan kekompakan masing-masing untuk Paslon yang mereka dukung.

Muhamad Ridhol Mujib, Anggota KPU Kabupaten Lumajang pertunjukan tari ini sebagai simbol bahwa seluruh pihak yang terlibat pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang tahun 2018 ini cinta damai dan mengingankan Pemilihan ini berjalan kondusif. “tari lok moah kencak kencak ini pembuka debat bentuk kedamaian Pilkada Lumajang. Pilkada tanpa ujaran kebencian, Pilkada tanpa SARA  dan hal-hal yang akan menghambat semua tahapannya” ujarnya, senin (2/3).

Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat KPU Lumajang ini optimis bahwa debat publik tahap pertama akan berlancar, aman dan damai. Pasalnya, jauh-jauh hari KPU Lumajang sudah berkali-kali berkoordinasi dengan Tim Kampanye masing-masing Paslon untuk menyampaikan teknis acara serta aturan debat yang harus dipatuhi semua Paslon beserta pendukungnya. “Dari awal kami optimis debat kali ini akan berjalan lancar tanpa ada gangguan dari internal maupun eksternal. Apalagi jauh-jauh hari KPU sering berkoordinasi terkait rundwon acaranya hingga aturannya sudah disampaikan secara detail ke Tim Kampanye” terang Ridho.

Dia berharap suasana damai dan kondusif ini bisa berlangsung hingga akhir debat publik tahap pertama ini. Seperti yang telah ditetapkan KPU Kabupaten Lumajang, bahwa debat publik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang tahun 2018 akan dilaksanakan selama tiga tahap. Tahap pertama pada tanggal 2 April yang akan disiarkan secara langsung oleh 2 stasiun swasta dan 1 stasiun radio milik Pemkab Lumajang. Tahap kedua akan dilaksanakan pada tanggal 9 April disiarkan secara off air. Sedangkan tahap tiga akan digelar pada tanggal 5 Mei yang akan disiarkan langsung dari studio jtv Surabaya pukul 19.30 WIB.