Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Perhatian Komisi Pemilihan Umum pada Pemilihan Serentak khususnya kepada penyandang disabilitas tidak setengah-setengah. Kebutuhan template braille untuk penyandang disabilitas sudah siap dicetak sebanyak jumlah TPS pada Pilkada 2018 ini. Seperti yang disampaikan Anggota KPU Kabupaten Lumajang Yusuf Adi Pamungkas pada saat pengujian template braille oleh salah seorang anggota Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Lumajang, di kantor KPU Lumajang jalan veteran 70.

Yusuf panggilan akrabnya menyampaikan sebelum digandakan sebanyak 1.872 buah sesuai jumlah TPS, KPU perlu memastikan bahwa template tersebut mudah dipahami oleh penyandang disabilitas  khususnya penyandang tunanetra. Sehingga pihaknya bekerjasama dengan PPDI untuk menguji kebenaran dan kesesuaian antara tulisan yang tercantum dalam surat suara dengan huruf braille. “Alhamdulillah sudah sesuai dengan huruf baraille, karena yang neguji itu kan penyandang tunanetra. Katanya tidak ada masalah dan mudah dibaca” ungkapnya, senin (4/6).

Setelah lolos dari pengujian ini, KPU akan menggandakan dan akan ditargetkan harus selesai sebelum pendistrisusian logistik Pilkada ke PPS dilakukan. “per TPS kita alokasikan 1 alat bantu braille berarti ada 1.872 lembar alat bantu yang akan dicetak KPU untuk disebarkan bersamaan dengan pendistribusian logistik Pilkada” terangnya.

Dia berharap dengan fasilitas kemudahan yang diberikan KPU, bisa mengoptimalkan pemilih penyandang disabilitas sebanyak 1.579 yang tersebar disebagian TPS yang ada untuk berpartisipasi pada tanggal 27 Juni 2018 nantinya.