Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Sosialisasi Pemilu terus gencar dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang melalui bantuan Relawan Demokrasi.

Pada Senin (11/3), Relawan Demokrasi Basis Perempuan melakukan sosialisasi pendidikan pemilih Pemilu 2019 kepada ibu-ibu arisan di Wonokerto, Kecamatan Tekung.

Meski tanpa menggunakan anggaran fasilitas dari KPU (non-budgeter), Relawan Demokrasi menunjukkan totalitasnya dalam memberikan sosialisasi kepada warga. “Semangat mereka patut diapresiasi untuk terus melakukan sosialisasi meski diluar anggaran yang difasilitasi KPU.” ujar Muhamad Ridhol Mujib Komisioner KPU Kabupaten Lumajang yang membidangi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih ini.

Adapun materi yang disampaikan meliputi tanggal pelaksanaan Pemilu serentak, waktu pemungutan suara, jenis pemilih, jumlah dan jenis surat suara, tata cara mencoblos surat suara yang sah, dan tata cara melipat surat suara yang benar.

Selain itu, Relawan Demokrasi juga memberikan penjelasan mengenai calon presiden dan wakil presiden, jumlah calon anggota DPD, memperkenalkan jumlah dan nama-nama partai, tata cara pindah pilih untuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan jumlah daerah pilihan di Kabupaten Lumajang.

Di akhir sosialisasi yang diikuti 40 peserta ini, Relawan Demokrasi juga menekankan arti pentingnya partisipasi masyarakat dalam Pemilu.

“Mereka juga mengajak ibu-ibu untuk tidak golput dan menolak money politik.” pungkasnya. (hes)