Jakarta, kpud-lumajangkab.go.id – Netgrit (Network for Democracy and Electoral Integriti) yang merupakan organisasi yang didedikasikan untuk melembagakan demokrasi dan mendorong pelembagaan pemilu yang jurdil dan berintegritas (fair and free election with integriti) menyelenggarakan Webinar Internasional, Kamis (18/03/2021).

Kegiatan yang didukung oleh KPU RI tersebut membahas tentang perbandingan internasional tentang penerapan daftar pemilih berkelanjutan.

Hadir sebagi penutup yang menyimpulkan paparan dari seluruh narasumber, Ferry K. Rizkiyansyah Direktur Eksekutif Netgrit.

Dalam paparannya, Ferry menyampaikan masih terdapat catatan persoalan umum dalam pendfataran pemilih.

“Sekalipun terjadi trend yang cukup tinggi terjadi di banyak negara, namun tetapi masih tetap terdapat catatan persoalan seperti terjadinya peristiwa kependudukan, seperti kelahiran, perpindahan tempat tinggal, kematian yang masih belum tercatat dengan baik,” ujar Ferry.

Tidak hanya itu, Ferry kemudian juga menimpulkan bahwa ada beberapa hal yang dapat menunjang dalam proses perbaikan daftar pemilih yang akurat dan berkelanjutan.

“Cara memperbaiki daftar pemilih yang akurat dan berkelanjutan diantaranya adalah kerangka hukum yang memadai untuk mendukung kerja penyelenggara pemilu untuk melakukan pendaftaran pemilih, dukungan sumber daya finansial dan manusia, dan teknologi informasi yang memiliki peran sentral  yang luar biasa mendorong efisiensi dan memudahkan kerja kerja penyelenggara pemilu melakukan pendaftaran pemilih yang akurat untuk meninalisir kegandaan yangdapat dilihat secara  langsung,” paparnya.

(rsk/shd/red).