Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Kelompok warga penerima Program Keluarga Harapan yang beralamat di RT 31 RW 12 Dusun Curah Lengkong, Desa Wonorejo, Lumajang tak luput dari sosialisasi dan pendidikan pemilih yang dilakukan Relawan Demokrasi Basis Keluarga yang diselenggarakan Kamis (14/02) pagi tadi. Mereka diberi arahan dan pemahaman mengenai pemilu.

Beberapa hal mengenai pemilu secara lengkap dipaparkan. Seperti jenis-jenis pemilu, warna surat suara dan cara mencoblos yang sah. “Pastinya kita berikan pemahaman mengenai pemilu,” kata Muhamad Ridhol Mujib selaku Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Lumajang.

Ternyata ada hal unik yang terjadi saat dilakukan sosialisasi. Sebagian warga utamanya kelompok PKH mengetahui bahwasannya tahun ini akan digelar pemilu. Namun justru mengenai waktu pelaksanaan ternyata mereka masih belum mengetahui. Hal ini terungkap saat di tengah-tengah acara sosialisasi yang disertai dengan tanya jawab.

“Setelah melakukan interaksi aktif tanya jawab ternyata baru diketahui bahwa sebagian besar mereka tidak mengetahui kapan waktu diselenggarakannya pemilu,” terangnya.

Seperti diketahui bahwasannya pemilu 17 April 2019 mendatang kita mencoblos sebanyak 5 kali, yakni memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPR Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. (jav)